Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2014
Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2014 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan pembahasan soal untuk ujian nasional untuk adik adik yang duduk di bangku smp ataupun mts dengan mata pelajaran matematika pada tahun ajaran 2014 kemaren. Dengan pembahasan soal ini kalian semuanya bisa mempelajarinya dirumah untuk bekal kalian dalam menghadapi ujian nasional yang sesungguhnya terutama untuk mata pelajaran matematika ini. Sebenarnya untuk soal un tahun ini mungkin agak mirip dengan tahun 2014 2015 2016 kemaren, dan dengan refrensi soal dan pembahasan lengkap ini kalian dapat belajar dirumah.
Langsung saja simak Pembahasan Lengkap Soal Matematika UN 2014 dibawah ini :
Langsung saja simak Pembahasan Lengkap Soal Matematika UN 2014 dibawah ini :
Soal pembahasan UN matematika SMP tahun 2014 nomor 1-5.
Soal No. 1
Tini memiliki persediaan terigu 2 1/6 kg, kemudian ia membeli lagi 3 1/2 kg. Terigu tersebut digunakan untuk membuat kue 4 2/5 kg. Sisa terigu Tini adalah…
A. 1 8/15 kg
B. 1 11/30 kg
C. 1 4/15 kg
D. 1 7/30 kg
Soal No. 1
Tini memiliki persediaan terigu 2 1/6 kg, kemudian ia membeli lagi 3 1/2 kg. Terigu tersebut digunakan untuk membuat kue 4 2/5 kg. Sisa terigu Tini adalah…
A. 1 8/15 kg
B. 1 11/30 kg
C. 1 4/15 kg
D. 1 7/30 kg
Pembahasan
2 1/6 kg + 3 1/2 kg − 4 2/5 kg
= (2 + 3 − 4) + (1/6 + 1/2 − 2/5)
= 1 + (5/30 + 15/30 − 12/30)
= 1 8/30 = 1 4/15
Soal No. 2
Sebuah mobil menempuh jarak dari kota A ke kota B dalam waktu 1,2 jam dengan kecepatan 80 km/jam. Agar jarak tersebut dapat ditempuh dalam waktu 60 menit maka kecepatan mobil yang harus dicapai adalah….
A. 96 km/jam
B. 72 km/jam
C. 66 km/jam
D. 62 km/jam
Pembahasan
Jarak A ke B perlu waktu 1,2 jam untuk kecepatan 80 km/jam. Agar sampai dalam 60 menit (1 jam) tentunya perlu kecepatan yang lebih tinggi dari 80 km/jam. Jawab: A. 96 km/jam
Soal No. 3
Hasil dari 43/2 adalah…
A. 1/3
B. 1/2
C. 2
D. 8
Pembahasan
43/2
= √43
= √(4 x 4 x 4)
= 2 x 2 x 2 = 8
Soal No. 4
Hasil dari √300 : √6 adalah….
A. 5√2
B. 5√3
C. 6√2
D. 6√3
Pembahasan
√300 : √6
= √50
= √25 x √2
= 5√2
Soal No. 5
Bentuk 2/√6 , dirasionalkan penyebutnya adalah….
A. √6
B. 1/6 √6
C. 1/3 √6
D. 2√6
Pembahasan
Merasionalkan penyebut:
Soal pembahasan UN matematika SMP tahun 2014 nomor 6-10.
Soal No. 6
Kakak menabung di bank sebesar Rp800.000,00 dengan suku bunga tunggal 9% setahun. Tabungan kakak saat diambil sebesar Rp920.000,00. Lama menabung adalah....
A. 18 bulan
B. 20 bulan
C. 22 bulan
D. 24 bulan
Soal No. 6
Kakak menabung di bank sebesar Rp800.000,00 dengan suku bunga tunggal 9% setahun. Tabungan kakak saat diambil sebesar Rp920.000,00. Lama menabung adalah....
A. 18 bulan
B. 20 bulan
C. 22 bulan
D. 24 bulan
Pembahasan
Menentukan lama menabung, diketahui besarnya bunga dan suku bunga tunggalnya:
Bunga = Rp920000 - Rp800000 = Rp120000
Diperoleh
Soal No. 7
Diketahui suatu barisan aritmetika dengan U5 = 7 dan U8 = 13. Suku ke-20 adalah….
A. 39
B. 37
C. – 37
D. – 39
Pembahasan
Barisan aritmetika, suku ke n.
Rumus: Un = a + (n−1)b
U8 → a + 7b = 13
U5 → a + 4b = 7
______________−
3b = 6
b = 2
Menentukan a
a + 4b = 7
a + 4(2) = 7
a = −1
Suku ke 20
U20 = a + 19b
= −1 + 19(2) = 37
Soal No. 8
Dari barisan aritmetika diketahui U3 = 18 dan U7 = 38. Jumlah 24 suku pertama adalah....
A. 786
B. 1.248
C. 1.572
D. 3.144
Pembahasan
Barisan aritmetika, jumlah suku ke n.
Tentukan nilai a dan b dulu dari suku ke-n seperti sebelumnya.
Rumus: Un = a + (n−1)b
U7 → a + 6b = 38
U3 → a + 2b = 18
______________−
4b = 20
b = 5
Menentukan a
a + 2b = 18
a + 2(5) = 18
a = 18 - 10 = 8
Jumlah 24 suku pertama, rumus:
Sn = n/2(2a + (n-1)b)
S24 = 24/2 (2(8) + (24-1)5)
= 12(16 + 115) = 12(131) = 1572
Soal No. 9
Dalam ruang sidang terdapat 15 baris kursi, baris paling depan terdapat 23 kursi, baris berikutnya 2 kursi lebih banyak dari baris di depannya. Jumlah kursi dalam ruang sidang tersebut adalah….
A. 555
B. 385
C. 1.110
D. 1.140
Pembahasan
Barisan aritmetika 23, 25, 27,....
a = 23, b = 2
Jumlah 15 suku pertama S15 =....
Sn = n/2(2a + (n-1)b)
S15 = 15/2 (2(23) + (15-1)2)
= 15/2(46 + 28) = 555 kursi
Soal No. 10
Perhatikan pernyataan berikut di bawah ini:
(i) 2a2 – 3ab = a(2a – 3b )
(ii) x2 – 9 = (x – 3)(x – 3)
(iii) 2x2 + 2x – 12 = (2x – 4)(x + 3)
Dari pemfaktoran bentuk di atas yang benar adalah….
A. (i) dan (ii)
B. (ii) dan iii)
C. (i) dan (iii)
D. (iii) saja
Pembahasan
Pemfaktoran:
(i) 2a2 – 3ab = a(2a – 3b )
Benar
(ii) x2 – 9 = (x – 3)(x – 3)
Salah, harusnya (x - 3)(x + 3)
(iii) 2x2 + 2x – 12 = (2x – 4)(x + 3)
Benar
C. (i) dan (iii).
NB : SOAL LENGKAPNYA NO 11 - 40 BUKA DIBAWAH INI
Pembahasan Soal UN Matematika SMP/MTS 2014 Lengkap
Baca Juga : Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2015
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2014 dapat bermanfaat untuk adik adik semuanya yang sedang mencari contoh soal un matematika smp/mts diatas. Dan jangan lupa untuk share postingan ini kepada temannya yang sedang menjalankan ujian nasional juga, dan cobalah share di facebook ataupun media social lainnya. Terima Kasih
0 Response to "Pembahasan Soal Ujian Nasional Matematika SMP/MTS 2014 "
Post a Comment