Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas X
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Responding
to initial greetings
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi Dasar
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji,
dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (
bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima
janji, dan membatalkan janji
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon dengan benar
terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
·
Melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
E. Materi Pokok
Responding to initial greetings
-
very well, thank you
and how are you.
-
I’m
good/okay/alright
-
Very well. Thank you
-
Oh, pretty good
-
Not to bad, thanks
- Fine, thanks.
- exellent
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok
belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Read
and give a response to the following expressions.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Read
and give a response to the following expressions.
1.
How
are you doing ?
2.
Hello,
3.
see
you tomorrow
4.
goodbye
5.
see
you about seven, then.
6.
good
night
7.
see
you later
8.
how
do you do ?
9.
see
you soon.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|||
2
|
Intonation
|
|||
3
|
Stress
|
|||
4
|
Gestures
|
|||
Total
|
||||
Total
Score
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Closing
Leave Taking
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi
Dasar
1.1 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji,
dan membatal-kan janji
3.1 Mengung-kapkan makna
dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (
bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan
mengguna-kan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari
dan melibatkan tindak tutur: berkenalan,
bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/ tawaran/ undangan, menerima
janji, dan membatalkan janji
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan berpisah.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon dengan benar
terhadap tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
·
Melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan,
bertemu dan berpisah.
E. Materi Pokok
Closing/ leave taking
-
goodbye
-
bye bye, bye now,
see you, take care
-
see you later..fine
-
see you …soon
-
see you tonight..all right
good
night
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah dengan kelompok
belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks tindak
tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks tindak tutur:
berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur: berkenalan, bertemu dan berpisah .
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal / transaksional: berkenalan, bertemu dan
berpisah.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Read
and give a response to the following expressions.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
To end the conversation, what would you say to someone
·
You’re
going to see in the evening.
·
Who’s
going away for along time
·
You’r
just leaving
·
You’ve
just been introduced to,
·
You
know well and meet to the street.
·
You
haven’t see for along time.
·
You
are leaving at 9.30 pm.
·
You
are going to see the next day.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|||
2
|
Intonation
|
|||
3
|
Stress
|
|||
4
|
Gestures
|
|||
Total
|
||||
Total
Score
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Expressing
Happiness
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan
interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
3. Mengungkapkan makna
dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan
seharihari.
B. Kompetensi
Dasar
1.2 Merespon makna yang
terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosiali-sasi) resmi dan tak resmi yang mengguna-kan ragam bahasa lisan
sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan
sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi
instruksi.
3.2 Mengungkap-kan makna
dalam perca-kapan tran-saksional (to get things done) dan interpersonal
(bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara aku-rat, lancar dan berteri-ma
dengan menggunakan ragam ba-hasa lisan sederhana dalam kon-teks kehidu-pan
sehari-hari dan meli-batkan tindak tutur: meng-ungkapkan
perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi
instruksi.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
Merespon berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Merespon berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia .
·
Melakukan berbagai
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia.
E. Materi Pokok
- Expreesing happiness
: formal
§
oh, I’m so happy.
§ I can’t say how
pleased I am.
§ I had a splendid
time there.
§ What a marvelous
place I,Ve ever seen.
§ It’s an interesting
experience.
§ It’s an outstanding
adventure.
§ It’ a sensational
trip.
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika berbagai tindak tutur dalam
wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang
dan bahagia.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks
berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam
berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks berbagai tindak
tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara
secara senang dan bahagia.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan
interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks berbagai tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/
transaksional: dalam berbagai acara secara senang dan bahagia.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
|
Merespon dengan benar terhadap
tindak tutur dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai
acara secara senang dan bahagia .
Melakukan berbagai tindak tutur
dalam wacana lisan interpersonal/ transaksional: dalam berbagai acara secara
senang dan bahagia.
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
|
Listen
to the tape carefully and choose the correct responses to the expressions you
heard.
To
end the conversation, what would you say to someone.
|
II. Instrumen Penilaian
Listen
to the tape carefully and choose the correct responses to the expressions you
heard.
For
example:
You
will hear: Hello, I'm Cut Nia. I'm your neighbour.
What's
your name?
The
correct response for the expression is ....
a.
Hello, Cut Nia. Nice to meet you.
b.
Hi, Cut Nia. My name is Edo. Nice to meet you.
The
correct response is (b) Hi, Cut Nia. My name is Edo.
Nice
to meet you.
1.
a. Good morning. What's your name?
b.
Good morning. I'm Deni.
2.
a. How do you do?
b.
Hi, Desi. How are you?
3.
a. I'm just fine.
b.
Good morning. My name is Risa.
4.
a. What's your name?
b.
Hi, Rudi. Nice to see you.
5.
a. Good bye. Nice to meet you.
b. Glad to meet you,
too.
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||
1
|
Pronunciation
|
|||
2
|
Intonation
|
|||
3
|
Stress
|
|||
4
|
Gestures
|
|||
Total
|
||||
Total
Score
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Making,
accepting and declining an invitation;
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
2.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.1 Merespon makna secara
akurat, lancar dan berterima dalam teks
lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.)
resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari
4.1 Mengung-kapkan makna
dalam bentuk teks fungsional pendek
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan
menggunakan ragam bahasa lisan dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Melakukan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Mempresentasikan teks
lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
§ Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§ Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll.
E. Materi Pokok
Making, accepting and declining an
invitation;
The
tone of an invitation is always positive, in anticipation of a pleasurable
occasion. Picture your guests smiling when they read your letter of invitation.
Clever phrasing, poetry or a themed approach may be appropriate for an informal
occasion, but you should express the details clearly. For further tips visit
to invite someone
www.write.express.com
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan pertanyaan teks lisan fungsional pendek
sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan pertanyaan
teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan
dll.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok
belajarnya, siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan
melaporkan setiap kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang
datang, kesulitan yang dihadapi.
§ Bertanya jawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll
dibaca, ditonton, dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks lisan
fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks lisan fungsional
pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana
(misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3
|
Menjawab pertanyaan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
Melakukan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman,
iklan, undangan dll.
Mempresentasikan teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya
pengumuman, iklan, undangan dll
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
Presentasi
individual
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give
your responses orally based on the situations below!
Listen
carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps
|
II. Instrumen Penilaian
Look at the picture and study it. Then,
answer the
questions.
1. What
kind of card is this?
2. Have
you ever been invited by someone?
3. What
do you say if you want to invite someone?
4. What
do you say if you want to accept an invitation?
5. What
do you say if you want to decline an invitation?
6. What
do you say when someone makes an appointment with you?
7. What
do you feel when someone cancels his/her appointment?
8. What will you say to him/her?
III. Pedoman Penilaian
No.
|
Uraian
|
Skor
|
1.
2.
3.
|
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa benar
Isi,langkah
retorika dan tata bahasa kurang tepat
Isi,
langkah retorika dan tata bahasa tidak tepat
|
81
– 100
61
- 80
0 - 60
|
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
|
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)
Nama Sekolah :
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas/Semester : X / 1
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1x pertemuan )
Topik Pembelajaran : Procedure
Pertemuan Ke :
A. Standar
Kompetensi
Mendengarkan
3.
Memahami makna teks
fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative dan
procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Berbicara
4. Mengungkapkan
makna dalam teks fungsional pendek dan
monolog berbentuk recount, narrative dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
B. Kompetensi
Dasar
2.2 Merespon makna dalam
teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat,
lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks:
recount, narrative, dan procedure.
4.2 Mengung-kapkan makna
dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara
akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam
teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
C. Indikator
Pencapaian Kompetensi
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Nilai
Budaya Dan
Karakter
Bangsa
|
§ Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
§ Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
§
Mempresentasikan teks
monolog lisan berbentuk procedure
|
Religius, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras,
mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air,
menghargai prestasi, bersahabat, cinta damai, gemar membaca, peduli
lingkungan, peduli sosial, tanggung jawab, mandiri
|
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif :
§
Percaya
diri (keteguhan hati, optimis).
§
Berorientasi
pada tugas (bermotivasi, tekun/tabah, bertekad, enerjik).
§
Pengambil
resiko (suka tantangan, mampu memimpin)
§
Orientasi
ke masa depan (punya perspektif untuk masa depan)
D. Tujuan
Pembelajaran
Pada akhir pembelajaran siswa
dapat :
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
·
Siswa
dapat melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure
·
Siswa
mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
E. Materi Pokok
1. Teks monolog berbentuk
procedure, contohnya:
How to Make Gudeg
Jogja (Green Jack Fruit Sweet Stew)
Ingredients:
- 5 onions
- 10 candlenuts
- 10 garlic cloves
- 4 bay Leaves
- 1/2 lb. (250g) green
jack fruit
- 2-1/2 tsp. (12g)
coriander seeds
- 1-1/4 tsp. (6g) cumin
- 1/4 cup (62ml) coconut
sugar
- 2 cups (500ml) coconut
milk
- 2 tsp. (30g) tamarind
- 2 lb. (1kg) chicken
(cut into small pieces with bone)
- 5 cups (1.25l) water
- 2 inches bruised
galangal
Instructions:
- First, cut green jack
fruit 1 inch thick. Wash and boil until tender.
- Next, ground onions,
candle nuts, sauté paste, bay leaves, and galangal until fragrant.
- Add the chicken pieces,
stir fry until chicken changes clour.
- Then, pour 4 cups of
water and coconut sugar, bring to a boil.
- Add the green jack
fruit and simmer until the chicken and vegetables are tender.
- Finally, add coconut
milk 5 minutes before it’s done, bring back to a boil. Serve hot with ice.
- This dish is sweet and usually served with shrimp cracker
2. Procedure text can be
explained as bellow:
Social
function : to describe how something is accomplished through
a sequence of
actions or steps.
Generic
structure:
- Goal.
- Materials (not required
for all procedural texts)
- Steps (a series of steps oriented to
achieving the goal)
F. Metode
Pembelajaran/Teknik:
Total Physical Response
G. Strategi
Pembelajaran
Tatap
Muka
|
Terstruktur
|
Mandiri
|
§ Bertanya jawab
tentang pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam pertanyaan teks
monolog sederhana berbentuk procedure.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok atau kelas (monolog).
§ Membahas kesulitan
yang dihadapi siswa dalam melakukan kegiatan terstruktur dan mandiri.
|
§ Dengan kelompok belajarnya,
siswa diberi tugas untuk melakukan hal-hal berikut, dan melaporkan setiap
kegiatan kepada guru, a.l. tentang tempat, siapa saja yang datang, kesulitan
yang dihadapi.
§ Bertanya jawab
tentang isi cerita (karakter, setting, plot) yang sudah dibaca, ditonton,
dan/atau didengar dengan kelompok belajarnya
§ Membahas unsur dan
langkah retorika dalam teks naratif.
§ Membahas ciri-ciri
leksikogramatika.
§ Membacakan cerita
kepada kelompok (monolog).
§ Menceritakan
kembali cerita kepada kelompok (monolog).
|
§ Siswa melakukan
berbagai kegiatan terkait dengan wacana berbentuk naratif di luar tugas tatap
muka dan terstruktur yang diberikan guru.
§ Siswa mengumpulkan
setiap hasil kerja dalam portofolio, dan melaporkan hal-hal yang sudah
diperoleh serta kesulitan yang dihadapi secara rutin kepada guru.
|
Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
§
Kegiatan Awal (10’)
-
Mengucapkan salam dengan ramah kepada siswa ketika
memasuki ruang kelas (nilai yang ditanamkan: santun, peduli)
- Mengecek kehadiran siswa (nilai yang ditanamkan: disiplin, rajin)
- Mengaitkan materi/kompetensi yang akan dipelajari dengan karakter
- Dengan merujuk pada silabus, RPP, dan bahan ajar, menyampaikan butir
karakter yang hendak dikembangkan selain yang terkait dengan SK/KD
- Siswa berdiskusi mengenai pertanyaan yang tertera di buku teks
§
Kegiatan Inti (70’)
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi guru:
§
Memberikan
stimulus berupa pemberian materi pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Mendiskusikan
materi bersama siswa (Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Memberikan
kesempatan pada peserta didik mengkomunikasikan secara lisan atau
mempresentasikan mengenai pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Siswa
diminta membahas contoh soal dalam Buku : Bahan Ajar Bahasa Inggris
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi guru:
§
Membiasakan
siswa membuat kalimat pertanyaan teks monolog
sederhana berbentuk procedure.
§
Memfasilitasi
siswa melalui pemberian tugas mengerjakan latihan soal yang ada pada buku ajar
Bahasa Inggris untuk dikerjakan secara individual.
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi guru:
§
Memberikan
umpan balik pada siswa dengan memberi penguatan dalam bentuk lisan pada siswa
yang telah dapat menyelesaikan tugasnya.
§
Memberi
konfirmasi pada hasil pekerjaan yang sudah dikerjakan oleh siswa melalui sumber
buku lain.
§
Memfasilitasi
siswa melakukan refleksi untuk memperoleh pengalaman belajar yang sudah
dilakukan.
§
Memberikan
motivasi kepada siswa yang kurang dan belum bisa mengikuti dalam materi
mengenai pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure.
§
Kegiatan Akhir (10’)
§
Siswa
diminta membuat rangkuman dari materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Siswa
dan Guru melakukan refleksi terhadap kegiatan yang sudah dilaksanakan.
§
Siswa
diberikan pekerjaan rumah (PR) berkaitan dengan materi mengenai pertanyaan teks monolog sederhana
berbentuk procedure.
§
Menyampaikan
rencana pembelajaran pada pertemuan berikutnya.
H. Sumber/Bahan/Alat
§
Buku
Look Ahead 1 , English for Better Life
§
Buku
Inter-Language Kelas X
§
Kaset/CD
§
Tape
§
Script
dari Look Ahead 1 dan Inter-Language
I. Penilaian
I. Indikator, Teknik, Bentuk, dan Contoh.
No.
|
Indikator
|
Teknik
|
Bentuk
|
Contoh
|
1.
2.
3
|
Menjawab pertanyaan teks monolog sederhana berbentuk procedure
Melakukan teks monolog lisan berbentuk procedure.
Mempresentasikan teks monolog lisan berbentuk procedure
|
Performance
Assessment (responding)
Tes
Lisan
Tes
Lisan
|
Melengkapi
dialog
Membuat
dialog
Presentasi
individual
|
Complete
the dialogue below using the suitable expression!
Give
your responses orally based on the situations below!
Listen
carefully and then identify the goal, mate-rials needed and steps
|
II. Instrumen Penilaian
Your
teacher will read the following text. Listen carefully and then identify
the goal, materials needed and
steps.
How to Make an
Omelet
Hello
friend, how are you? Have you ever eaten a cheese omelet? Do you know how to
make a Cheese Omelet? No? Would you like me to tell it for you? Okay. This is
the way. Listen to me.
To make a Cheese Omelet, you should
prepare ingredients such as one egg, 50 grams of cheese, uhm... ¼ cup of milk, three tablespoons of cooking
oil, uhm...what else ....? Oh, yeah, a pinch of salt and don’t forget some
pepper. Now, to make a Cheese Omelet, you will need some kitchen utensils like
a frying pan, a fork, a whisk, a spatula, uhm..... a cheese grater ...and a
bowl and of course ....a plate. Okay? Are you following me ? Right! Let me tell
you how to make it.
First, crack an egg into a bowl like
this. Then whisk the egg with a fork until it is smooth. After that, add some
milk and whisk well. Grate the cheese into the bowl and stir. Next, heat the
oil in a frying pan, and pour the mixture into the frying pan. Then, turn the
omelet with a spatula when it browns. See, like this. Okay, next cook both
sides. After the omelet is done, place it on a plate, don’t forget to season it
with salt and pepper and you can eat it while warm. It’s easy, isn’t it? Bon
appetite!
Find
out:
a.
What
is the text talking about?
b.
What
is the purpose of the text?
c.
How
many steps are there in the text?
Please
represent in front of the class how to make or to do something!
III. Pedoman Penilaian
No
|
Aspect of Scoring
|
Scoring
|
||||||
Low (45-59)
|
Average (60-75)
|
Good (76-100)
|
||||||
1
|
Pronunciation
|
|||||||
2
|
Intonation
|
|||||||
3
|
Stress
|
|||||||
4
|
Gestures
|
|||||||
Total
|
||||||||
Total
Score
|
||||||||
Mengetahui,
Kepala Sekolah,
PERANGNKAT KBM BAHASA INGGRIS KELAS IX SMP/MTS TAHUN 1. Daftar Isi : Download Disini 2. Kaldik : Download Disini 3. Rincian Minggu Efektif : Download Disini 4. Visi, Misi dan Tujuan : Download Disini 5. Prota : Download Disini 6. Promes :Download Disini 7. Silabus : Download Disini 8. Pemetaan SK dan KD : Download Disini 9. RPP Unit I Genap : Download disini 10. RPP Unit I Gasal : Download Disini 11. RPP Unit II Genap : Download Disini 12. RPP Unit II Gasal : Download Disini 13. RPP Unit III : Download disini 14. Cover Perangkat : Download Disini PERANGNKAT KBM BAHASA INGGRIS KELAS VIII SMP/MTS TAHUN PELAJARAN 2013/2014: 1. Daftar Isi : Download Disini 2. Kaldik : Download Disini 3. Rincian Minggu Efektif : Download Disini 4. Visi, Misi dan Tujuan : Download Disini 5. Prota : Download Disini 6. Promes : Download Disini 7. Program Penilaian : Program Penilaian 8. Silabus : Download Disini 9. Pemetaan SK dan KD : Download Disini 10. RPP Unit I Gasal : Download Disini 11. RPP Unit II Gasal : Download Disini 12. RPP Unit III Gasal : Download Disini 13. RPP Unit IV Gasal : Download Disini PERANGKAT LENGKAP KBM BAHASA INGGRIS KELAS 7 SEMESTER 2 SMP/MTS TAHUN PELAJARAN 2014/2015 : SILAKAN TEMUKAN DISINI |
, Juli 2011
Guru Mapel Bahasa Inggris,
|
0 Response to "Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Bahasa Inggris Kelas X"
Post a Comment