Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017
Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017 - Pada kesempatan kali ini kami akan memberikan contoh latihan soal bahasa indonesia untuk soal pra ujian nasional yang khususnya untuk sma program studi ipa. Prediksi soal bahasa indonesia ini merupakan soal Tryout UN SMA 2017 oleh dinas pendidikan propinsi DKI Jakarta dan Tangerang.
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPA SMA 2017 :
Contoh soal UN ini Universitas Gunadarma merupakan soal yang valid sebagai bahan latihan UN SMA 2017 karena telah disusun sesuai Kisi-kisi SKL UN 2017. Dan dalam beberapa tahun ini kami telah meninjau dengan keakuratan soal ujian nasional ini yang memang sangat tepat dan tidak meleset dengan soal UN yang sesungguhnya.
Ini bukanlah sebuah bocoran soal ujian nasional, namun ini hanyalah sebuah sarana untuk bekal dalam pembelajaran soal soal ujian nasional yang dapat adik adik latih dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sebenarnya.
Langsung saja simak Soal Bahasa Indonesia Ujian Nasional IPA SMA 2017 :
P E T U N J U K U M U M
1. Sebelum mengerjakan ujian, telitilah terlebih dahulu jumlah dan nomor halaman yang
terdapat pada naskah ujian.
2. Tulislah nomor peserta Saudara pada lembar jawaban, sesuai dengan petunjuk yang
diberikan oleh panitia.
3. Bacalah dengan cermat setiap petunjuk yang berisi penjelasan cara menjawab soal.
4. Jawablah terlebih dahulu soal-soal yang menurut Saudara mudah, kemudian lanjutkan
dengan menjawab soal-soal yang lebih sukar sehingga semua soal terjawab.
5. Tulislah jawaban Saudara pada lembar jawaban ujian yang disediakan dengan cara dan
petunjuk yang telah diberikan oleh petugas.
6. Untuk keperluan coret-mencoret dapat menggunakan tempat yang kosong pada naskah
ujian ini dan jangan sekali-kali menggunakan lembar jawaban.
7. Selama ujian Saudara tidak diperkenankan bertanya atau meminta penjelasan mengenai
soal-soal yang diujikan kepada siapapun, termasuk pengawas ujian.
8. Setelah ujian selesai, harap Saudara tetap duduk di tempat sampai pengawas datang ke
tempat Saudara untuk mengumpulkan lembar jawaban.
9. Perhatikan agar lembar jawaban ujian tidak kotor, tidak basah, tidak terlipat dan tidak
sobek.
10. Jumlah soal sebanyak 50 butir, setiap butir soal terdiri atas 5 (lima) pilihan jawaban.
11. Kode naskah ujian ini 03
PRA UN SMA 2017
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 1 dan 2.
Pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah disajikan dengan berbasis teks, baik
lisan maupun tulis, dengan menempatkan Bahasa Indonesia sebagai wahana untuk
mengekspresikan perasaan dan pemikiran. Berbagai cara penyajian perasaan dan pemikiran dalam
berbagai macam jenis teks. Pemahaman terhadap jenis, kaidah, dan konteks suatu teks ditekankan
sehingga memudahkan peserta didik menangkap makna yang terkandung dalam suatu teks maupun
menyajikan perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai sehingga tujuan
penyampaiannya tercapai untuk menggugah perasaan ataukah untuk memberikan pemahaman.
1. Ide pokok paragraf tersebut adalah
A. pembelajaran pada kurikulum baru, yaitu kurikulum 2013
B. pembelajaran Bahasa Indonesia jenjang Pendidikan Menengah
C. pembelajaran yang sangat dianjurkan pada kurikulum 2013
D. penyajian perasaan dan pemikiran dalam berbagai macam jenis teks
E. penyajian perasaan dan pemikiran dalam bentuk teks yang sesuai
2. Tujuan penulis menyajikan isi teks tersebut adalah
A. mengimbau agar pendidik mengubah cara pembelajaran Bahasa Indonesia
B. mengingatkan pendidik supaya pembelajaran Bahasa Indonesia berbasis teks
C. menjelaskan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
D. mendeskripsikan pembelajaran Bahasa Indonesia pada jenjang Pendidikan Menengah
E. membandingkan cara pembelajaran dengan berbasis teks dengan yang tidak
Cermati paragraf berikut.
(1) Pada Kurikulum 2013 yang menekankan pentingnya keseimbangan kompetensi sikap,
pengetahuan, dan keterampilan. (2) Kemampuan berbahasa yang dituntut tersebut dibentuk melalui
pembelajaran berkelanjutan. (3) Pembelajaran dimulai dengan meningkatkan pengetahuan tentang
jenis, kaidah, konteks suatu teks. (4) Setelah itu, dilanjutkan dengan keterampilan menyajikan suatu
teks tulis dan lisan, baik terencana maupun spontan yang bermuara pada pembentukan sikap
kesantunan dan kejelian berbahasa (5) Sikap penghargaan terhadap Bahasa Indonesia sebagai
warisan budaya bangsa pun sangat diutamakan sehingga peserta didik mencintai, menghargai, dan
peduli dalam memelihara bahasa Indonesia, baik lisan maupun tulis.
3. Kalimat utama paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
Cermati paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 4 5.
(1) Usaha minimal yang harus dilakukan peserta didik untuk mencapai kompetensi materi pelajaran
yang diharapkan haruslah diupayakan oleh pendidik dan peserta didik dalam pembelajaran. (2)
Untuk mencapai itu semua, pendidik harus menyiapkan pembelajaran dengan pendekatan dan model
pembelajaran yang sesuai dengan kompetensi yang dibahas. (3) Di samping itu, peserta didik secara
merata harus dilibatkan dalam pembelajaran dan diajak berani untuk mencoba dan menemukan
sendiri untuk mencapai kompetensi pembelajaran tersebut. (4) Peserta didik pun harus mencari
sumber belajar lain yang tersedia dan terbentang luas di sekitarnya sebanyak-banyaknya. (5)
Pendidik dapat memperkaya kreasi pembelajaran dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang sesuai
dan relevan dengan daya serap peserta didik, lingkungan sosial, dan alam.
PRA UN SMA 2017
4. Yang tidak padu pada paragraf tersebut adalah kalimat bernomor
A. (1)
B. (2)
C. (3)
D. (4)
E. (5)
5. Makna istilah kompetensi pada kalimat dalam paragraf tersebut adalah
A. keinginan mencoba
B. kesungguhan menggali
C. kecepatan menangkap
D. kekuatan menyelesaikan
E. kemampuan menguasai
Cermati kutipan tajuk rencana berikut untuk menjawab soal 6 9.
(1) Menurunnya debit air dalam hitungan bulan, tampaknya akan menjadi pembenaran akan prediksi
ahli tentang krisis yang terjadi di palembang. (2) Diperkirakan banyak penyebab menurunnya debit
air ini, seperti yang dituduhkan orang penyebabnya adalah penebangan liar yang tidak terkendali
lagi. (3) Dipersalahkan pula pembakaran hutan yang menyebabkan menurunnya debit air. (4) Pihak
PDAM setempat melakukan pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi
seberapa lama kekeringan akan terjadi. (5) Beberapa daerah juga mengalami penurunan yang sama
setelah dilakukan pengukuran debit air. (6) Jika tidak ada upaya pemda setempat untuk
menanggulangi hal ini, diprediksi lahan gundul akan terus meningkat. (7) Akibatnya, kekeringan
akan terus melanda daerah ini. (8) Reboisasi dirasakan perlu untuk menanggulangi masalah
sekaligus menjadi solusi jangka panjang bagi kekeringan yang akan terjadi pada suatu daerah yang
akan membuat masyarakat menderita.
6. Yang berupa fakta pada paragraf tersebut terdapat pada kalimat bernomor
A. (1) dan (3)
B. (2) dan (4)
C. (4) dan (5)
D. (6) dan (7)
E. (7) dan (8)
7. Opini penulis yang sesuai dengan isi tajuk rencana tersebut adalah
A. Penurunan debit air dalam hitungan bulan sudah menjadi pembenaran akan prediksi ahli di
palembang.
B. Pencegahan penggundulan hutan dan reboisasi harus dilakukan agar kekeringan tidak terjadi
lagi.
C. Perkiraan banyak penyebab menurunnya debit air oleh penebangan liar yang mencari untung.
D. Pengukuran terhadap debit-debit air yang ada untuk memprediksi seberapa lama kekeringan
akan terjadi.
E. Penanggulangan kekeringan terhadap hal ini untuk mencegah mengundulan lahan akan teratasi
segera.
8. Pihak yang dituju dalam isi opini penulis pada tajuk rencana tersebut adalah
A. pemda setempat
B. pemerintah pusat
C. penebang liar
D. pembakar hutan
E. masyarakat setempat
PRA UN SMA 2017
9. Keberpihakan penulis (editorial) pada kutipan tersebut adalah kepada
A. pemda setempat
B. pemerintah pusat
C. penebang liar
D. pembakar hutan
E. masyarakat setempat
10. Cermati kedua kutipan teks berikut.
Teks 1 Teks 2
Buku ini dipersiapkan untuk mendukung
kebijakan kurikulum yang sedang berlaku.
Buku ini juga tidak hanya me mp e rta h an ka n
b a h asa In d o n e sia b era d a da la m d a ftar p elaja ran
d i se ko la h , teta pi ju ga me n ega ska n p e n tin gn ya
ke b era d aa n b a ha sa In d o n es ia se b aga i pe n gh e la
d a n p e mb a w a b e rb a ga i il mu p e n ge ta h ua n .
De n ga n p a ra d igma b a ru ters eb u t, Ba da n Ba ha sa
te rpa n ggil u ntu k b e rtind a k me n ja di a ge n
p e ru ba h an pe mb e lajara n b a h asa In d o n e sia di
s eko la h . P e ru b a ha n p e mb e laja ran itu te rc ermin
d a la m b u ku ya n g d ira n ca ng , ya itu b erb a sis te ks
in i, s esu a i tu ntuta n ku riku lu m.
S e b a ga i e d is i p erta ma , k a mi p e n u lis b u ku ini
s an ga t te rbu ka u n tu k me n erima kritik d a n s ara n
d a ri be rba ga i p ih a k. Ka mi a ka n te ru s me la ku ka n
p e rb aika n d a n p en ye mp u rn a an . Un tu k itu , ka mi
me ngu n d a n g p a ra p e mb a ca memb e rika n kritik,
s aran , da n ma su ka n un tu k p e rb a ika n d a n
p e n ye mp u rn a an b u ku ini d a n u ntu k e d is i
b e riku tn ya . Ata s ko n trib u s i ters eb u t d a pa t
memb e rika n ya ng te rb a ik b a gi kema ju a n d u nia
p e n d idika n d ala m ra ng ka memp e rs iap ka n
ge n era si s era tus ta h un In d on e sia Merd e ka (2 0 4 5) .
U n tu k itu ka mi me ng u c ap k a n terima ka sih .
Perbedaan isi yang terdapat pada kedua kutipan tersebut adalah
Teks 1 Teks 2
A. penjelasan isi pentimg sebuah buku manfaat isi buku bagi pembaca
B. buku yang sangat sesuai dengan kurikulum pihak penulis yang bertanggung jawab
C. pemaparan pentingnya bahasa Indonesia pentingnya kritik dan saran bagi penulis
D. tujuan penyajian atau diterbitkan buku harapan penulis kepada pembaca terhadap
buku
E. perubahan yang terjadi pada kurikulum kemajuan pendidikan masa mendatang
NB: UNTUK MELIHAT SOAL SELENGKAPNYA KLIK LINK DIBAWAH INI
Untuk paket soal prediksi UN SMA yang lain insyaallah akan diunggah secepatnya, dan soal-soal lainnya bisa anda lihat pada bagian kanan blog ini. Jadi selalu kunjungi blog ini untuk mengetahui update terbarunya ya!
Semoga dengan postingan diatas yang berjudul Pembahasan Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017 dapat bermanfaat untuk adik adik semua yang sedang mencari beberapa refrensi ataupun mencari contoh soal ujian nasional ini. Dan semoga dapat bermanfaat untuk belajar dirumah untuk persiapan ujian nasional yang sesunggguhnya. Dan jangan lupa untuk share untuk temannya yang membutuhkan contoh latihan soal ini, karena sebuah kebaikan sekecil apapun nantinya akan mendapatangkan kebaikan pula yang lebih besar untuk diri sobat semuanya.
0 Response to "Soal Latihan UN Bahasa Indonesia IPA SMA 2017"
Post a Comment